Waprescilacap’s Weblog

Dengan Aspresiasi Seni Budaya Kita Ciptakan Prestasi.

Tentang Wapres

Warung Aspresiasi Seni dan Budaya Cilacap

Cilacap salah satu wilayah Eks Karesidenan Banyumas di Propinsi Jawa Tengah, yang notabene merupakan kota dimana mempunyai cakupan wilayah Kabupaten terluas, diantara kota-kota lainnya sewilayah Eks Karesidenen Banyumas, adalah kota berkandung potensi luas yang perlu digali sedalam-dalamnya.

Potensi yang dapat ditinjau lebih jauh terkandung diantaranya Kemaritiman dan Industri serta Pariwisata. Dengan berbagai macam kultur dan keaneka ragamaman masyarakatnya, terbaur menjadi satu komunitas yang homogen. Yang lebih menonjol dalam aspek komoditi, Cilacap lebih dikenal dengan Kota Industri. Padahal aspek yang lain dan tidak kalah besar potensinya adalah Seni dan Kebudayaannya yang selama ini perlu ditinjau lebih luas.

Secara geografis, kota Cilacap berada diwilayah pesisir Selatan Pulau Jawa. Yang mana selama ini sangat minim sekali tersentuh oleh masyarakat luar kota Cilacap. Bahkan hingga dijuluki kota “ buntu “ yang sulit perkembangannya dalam berbagai hal.
Oleh karena itu WAPRES ( WADAH APRESIASI SENI DAN BUDAYA ) memandang bahwa persoalan utama sesungguhnya terletak pada kemampuan masyarakat di kota ini dalam membangun citra kultural atau opini kebudayaan yang positif dimata masyarakat luar dan dunia industri.

Dengan terbangunnya citra kultural yang kuat tersebut maka segala aspek dari Kota Cilacap akan dihargai, tidak saja sebagai produk industri tapi juga memiliki kedalaman nilai seni.

Hal ini memudahkan upaya untuk menciptakan Brand bagi produk-produk seni baik berupa kerajinan maupun kultur budayanya.
Untuk itu persoalan pembangunan kebudayaan di kota ini merupakan prasyarat sejarah yang musti ditempuh untuk memasuki tatanan kedepan yang lebih potensial dalam menghadapi era globalisasi yang prospektif baik dari dunia industri maupun budaya.

WAPRES ( Warung Prestasi ) Adalah wadah yang pas untuk menggalang persatuan, baik dari kalangan industri maupun budaya, yang seyogyanya layak untuk direalisasikan keberadaannya. Karena tujuan yang murni adalah sebagai Wadah Apresiasi Seni dan Budaya yang tidak meninggalkan unsur tradisional dan globalisasi industri digital. Dalam artian yang lebih luas era klasik dan moderen akan berjalan seiring bersama.

Iklan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: